Saturday, July 27, 2013

Download Skripsi Kesehatan Lengkap dan Gratis

Download Skripsi Kesehatan Lengkap dan Gratis

Dampak penundaan pemisahan terhadap nilai hasil pemeriksaan kadar glukosa darah
Sebagai pemeriksaan penunjang berbagai penyakit, salah satunya diabetes melitus, pemeriksaan kadar glukosa dalam darah merupakan pemeriksaan yang banyak diminta oleh para dokter maupun masyarakat umum secara pribadi. Melihat pentingnya pemeriksaan glukosa darah terhadap pemeriksaan untuk menegakkan maupun penyaring, maka dibutuhkan sebuah ketelitian dalam melakukan setiap prosesnya. Cara yang paling baik mendapatkan hasil yang akurat atau valid dari suatu pemeriksaan laboratorium haruslah memenuhi seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai dari proses sebelum pemeriksaan itu sendiri dilaksanakan, mulai dari tahap pra analitik, persiapan dari spesimen, penanganan spesimen, pengiriman spesimen, pengolahan dan penyimpanan spesimen.

Pengukuran glukosa sangatlah penting sebagai tindakan diagnosis dan manajemen penyakit yang disebabkan oleh metabolisme karbohidrat. Glukosa diukur pada darah lengkap, plasma, serum, cairan serebrospinal, cairan pleura, dan urine untuk variasi dari tujuan diagnosis dan manajemen. Dasar pentingnya pemeriksaan Glukosa darah harus dilakukan secara tepat dan cepat adalah karena Glukosa merupakan zat yang esensial bagi kelangsungan sel yang masih aktif melakukan metabolisme untuk menghasilkan energi, seperti sel otot maupun sel darah. Dalam hal ini, sel yang memanfaatkan glukosa darah secara aktif meski telah berada diluar tubuh adalah sel darah, baik sel darah merah maupun sel darah putih. Penggunaan glukosa melalui metabolisme oleh sel-sel darah inilah yang mengakibatkan kadar glukosa darah dapat mengalami penurunan, meski sampel darah telah diambil dan berada di luar tubuh.
Dengan melihat banyaknya permintaan pemeriksaan glukosa darah dan pentingnya pengelolaan pemeriksaan ini di suatu laboratorium klinik atau rumah sakit, kadang-kadang timbul beberapa masalah yang tidak dapat dihindari, misalnya masalah sumber daya, baik reagen, alat maupun analis, sehingga memaksa untuk dilakukannya penundaan, dimana akan memakan waktu dalam proses penanganan dan pemeriksaan spesimen yang ada sehingga berbagai bentuk masalah yang timbul ini akan mempengaruhi mutu hasil pemeriksaan.
Dalam kasus pemeriksaan Glukosa darah, sampel darah yang akan diperiksa tidak jarang mengalami penurunan akibat terjadinya penundaan pemisahan antara serum dan sel darah. Hal ini terjadi karena tidak tersedianya alat maupun kesalahan dalam prosedur penanganan spesimen untuk memisahkan antara serum dengan sel darahnya. Dimana telah dijelaskan bahwa sel darah yang terkandung di dalam spesimen akan terus menguraikan glukosa yang berada di serum untuk proses metabolisme energinya.

pasword: wPTgRWwn

sumber: 4skripsi

No comments:

Post a Comment