Sunday, July 21, 2013

Download Skripsi Pendidikan Agama Islam Lengkap dan Gratis


Download Skripsi Pendidikan Agama Islam Lengkap dan Gratis



METODE GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DALAM BELAJAR PAI DAN PENGARUHNYA TERHADAPPRESTASI SANTRI 

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu faktor keberhasilan pembangunan nasional adalah adanya kemajuan pada bidang pendidikan, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Pembangunan nasional akan dapat berhasil bila ditunjang oleh suatu keberhasilan dalam bidang pendidikan. Dengan keberhasilan pendidikan suatu negara akan dapat menjadi negara yang maju, sebab apabila pendidikan suatu negara berhasil, maka dengan sendirinya akan tercipta insan-insan yang berkualitas, yang berilmu pengetahuan, dan berbudi pekerti yang mulia serta tercapailah kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah swt., dalam surah al-Mujadalah ayat 11, sebagai berikut :
Terjemahnya :
…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Sejalan dengan ayat tersebut di atas, dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional dijelaskan tentang tujuan pendidikan nasional, sebagai berikut :
Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
           
Dengan demikian tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk menciptakan manusia yang berpengetahuan luas yang berbudi pekerti mulia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
            Melihat tujuan pendidikan tidak hanya menciptakan insan-insan yang memiliki pengetahuan luas, tetapi juga menciptakan insan-insan yang berbudi pekerti luhur. Dengan demikian pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam tidak kalah pentingnya dengan pendidikan umum. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka diperlukan upaya menumbuhkan motivasi pada diri peserta didik, khususnya dalam hal belajar.
            Motivasi sangat diperlukan karena dengan adanya motivasi tersebut tujuan belajar akan mudah dicapai. Namun demikian, motivasi sebagai faktor dari dalam diri sendiri terkadang tidak tumbuh dengan sendirinya, sebab faktor-faktor dari luar juga mempunyai pengaruh terhadap perkembangan motivasi didalam diri seseorang. Melihat pentingnya faktor luar dalam memberikan dorongan, maka guru harus mempunyai metode atau cara terhadap tumbuhnya motivasi dalam diri siswa untuk mengarahkan dan mengembangkan kearah tujuan yang ingin dicapainya.
            Oleh karena peserta didik masih memerlukan adanya dorongan didalam belajar, maka perlu bagi guru untuk memberikan motivasi terhadap peserta didiknya dengan tujuan agar siswa tersebut memiliki semangat yang lebih tinggi dalam upaya meningkatkan prestasi mereka.
            Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang profesional dalam mengajarkan berbagai mata pelajaran, sehingga motivasi belajar siswa masih rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa akan sangat mempengaruhi siswa atau peserta didik itu sendiri, diantaranya adalah siswa tampak malas untuk mengikuti pelajaran dan apabila proses belajar mengajar berlangsung timbul rasa ngantuk dan tidak adanya perhatian terhadap pelajaran. Pengaruh ini akan nampak dalam keseluruhan kegiatan siswa dalam mengikuti pelajaran yang tidak disenanginya. Dengan demikian guru dengan berbagai aktivitasnya dalam mengajar diharapkan dapat menciptakan motivasi dalam kelas dan berupaya menemukan berbagai cara untuk memotivasi anak didiknya.

No comments:

Post a Comment