Sunday, July 21, 2013

Download Skripsi Pendidikan Bahasa Arab Lengkap dan Gratis

Download Skripsi Pendidikan Bahasa Arab Lengkap dan Gratis 


PENERAPAN METODE QAWAID DALAM MENINGKATAN KUALITAS BAHASA ARAB 


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
            Rasulullah saw., sebagai Nabi penutup telah mempraktekkan setiap detail dari ajaran Islam pada dirinya, keluarganya, masyarakatnya dan negara. Ajaran Islam yang sumber utamanya adalah al-Qur'an yang berbahasa Arab sebagai kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Setiap muslim wajib menjadikan al-Qur'an sebagai pedoman dan landasan hidup di dunia ini. Al-Qur'an diturunkan kepada Rasulullah saw., dengan menggunakan bahasa Arab, karena bahasa pengantar Rasulullah saw., dalam menyiarkan Islam adalah bahasa Arab.
            Al-Qur'an diturunkan dengan berbahasa Arab, sebagaimana dengan firman Allah swt., dalam surah Fushshilat (41) : 3, sebagai berikut :
كتاب فصلت آيته قرآنا عربيا لقوم يعلمون  (فصلت : 3)
Terjemahnya :
"Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yaitu bacaan dalam bahasa Arab untuk kaum yang mengetahui" (Q.S. Fusshilat (41) : 3).
Mempelajari al-Qur'an dan memeliharanya adalah tugas dan kewajiban bagi seluruh muslim, dalam kaitan ini Allah swt., kembali berfirman dalam al-Qur'an surah al-Hijr (15) : 9, sebagai berikut :
انا نحن نزلنا الذكر وانا له لحافظون     (الحجر : 9)
Terjemahnya :

"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesunggunya Kami benar-benar memeliharanya". (Q.S. al-Hijr (15) : 9).
           
Untuk mempertahankan kevalidan al-Qur'an dan al-Hadits, juga ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu umum, pemerintah Indonesia membentuk lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah dan perguruan tinggi di bawah naungan Departemen Agama, namun pondok pesantren pada umumnya didirikan oleh para ulama yang bersifat otonom termasuk Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru Biromaru Palu.
            Mata pelajaran bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang sangat urgen di antara mata pelajaran agama. Hal ini disebabkan karena mata pelajaran bahasa Arab merupakan alat bantu yang sangat penting untuk mendalami seluruh buku-buku agama yang menggunakan bahasa Arab. Tanpa ilmu bahasa Arab seseorang hanya dapat mempelajari ajaran Islam melalui buku-buku terjemahan yang jumlahnya sampai saat ini masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan buku-buku yang menggunakan bahasa Arab yang sampai saat ini masih banyak yang belum diterjemahkan.

No comments:

Post a Comment