Saturday, July 20, 2013

Studi Kewibawaan Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan

Studi Kewibawaan Guru dan Pengaruhnya  Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan

Studi Kewibawaan Guru dan Pengaruhnya  Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan


Skripsi ini mengungkapkan tentang pengaruh kewibawaan guru pada Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru, yang merupakan salah satu komponen dalam pencapaian tujuan pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Kewibawaan adalah sikap yang dapat menimbulkan kesenangan, hormat dan simpatik dari orang lain. sedangkan pengaruh adalah suatu daya tarik yang ditimbulkan oleh sesuatu hal yang dapat berpengaruh pada aktivitas-aktivitas untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan melalui usaha.
            Dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru ditunjang oleh kewibawaan guru. Bentuk-bentuk kewibawaan guru yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pendidikan adalah kewibawaan yang bersumber dari sikap dan tingkah laku guru itu sendiri, kualitas ilmu pengetahuan serta kemampuan guru dalam menyajikan materi pelajaran kepada peserta didik. apabila ketiga hal tersebut dapat dimiliki oleh guru pada Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru, maka tujuan pendidikan akan tercapai, dengan demikian terwujudlah keberhasilan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru.
            Jadi segala upaya yang dilakukan oleh guru di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru dalam bersikap dan bertingkah laku sehingga peserta didik secara tidak langsung akan merasa segan, patuh dan taat pada pelajaran yang akan disajikan oleh guru. Hal ini tentunya akan mempermudah pencapaian tujuan pendidikan di lembaga pendidikan tersebut dalam hal ini adalah Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngata Baru.

No comments:

Post a Comment