Friday, August 30, 2013

Download Contoh Skripsi Pendidikan Matematika Menggunakan Metode VCD Gratis

Download Contoh Skripsi Pendidikan Matematika Menggunakan Metode VCD Gratis

Salah satu usaha untuk memberikan variasi dalam hal pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran matematika. Ada perbedaan mendasar dari istilah alat peraga matematika dengan media pembelajaran secara umum. Media pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang dapat berupa software atau hardware yang digunakan untuk membantu proses belajar-mengajar.

Visual Compact Disc (VCD) adalah sebuah alat yang sudah familier di masyarakat umum. Sebagian besar masyarakat bahkan sudah memiliki playernya. Sebagai sebuah media, VCD sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan media VCD, siswa akan merasa nyaman ketika memperoleh mata pelajaran matematika. Setelah itu tentunya siswa akan menjadi tertarik sehingga secara perlahan perasaan takut terhadap mata pelajaran matematika akan luntur dan akhirnya hilang.

Kelebihan metode pemberian tugas anrata lain siswa mengalami dan mendalami sendiri pengetahuan yang didapatkannya, sehingga pengetahuan itu akan tinggal lama dalam jiwanya. Apalagi dalam melaksanakan tugas ditunjang dengan minat dan perhatian siswa serta kejelasan tujuan mereka bekerja. Dalam hal ini siswa juga mengembangkan daya berfikirnya sendiri, daya inisiatif, daya kreatif, tanggung jawab dan melatih kemandirian.

Dalam penelitian ini tugas yang dimaksud adalah tugas terstruktur, yaitu suatu alat yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja diajarkan. Dalam pengertian yang lain disebutkan bahwa tugas terstruktur adalah cara mengajar yang diberikan oleh guru dengan jalan memberikan tugas khusus untuk mengerjakan sesuatu di luar pelajaran.

Dalam sebuah penelitian, pendayagunaan alat peraga sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran matematika membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Lebih bermakna dalam arti siswa lebih terfokus pada guru pada saat menerangkan dan dari ketertarikan mereka saat diterangkan maka muncullah ide-ide untuk bertanya, sehingga keaktifan siswa bertambah. Dari ide tentang alat peraga inilah peneliti mewujudkan sebuah media pembelajaran yang berupa VCD pembelajaran matematika.


Password: Z1wV4ndQ




No comments:

Post a Comment