Thursday, August 29, 2013

Skripsi Teknik Tentang Pertambangan Terbaru

Skripsi Teknik Tentang Pertambangan Terbaru

Pertambangan merupakan suatu usaha pengambilan bahan galian yang bernilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan dengan menggunakan teknologi yang tepat pada saat itu. Bahan galian mempunyai fungsi multi guna, terutama sebagai sumber bahan baku industri, penghasil devisa negara melalui ekspor, maupun sebagai pemicu bagi pertumbuhan pembangunan suatu daerah.

Salah satu bahan galian yang dapat ditambang adalah bahan galian golongan C, dimana bahan galian ini sangat diperlukan untuk kebutuhan berbagai industri dan konstruksi guna menunjang pembangunan di berbagai sektor. Pesatnya perkembangan pembangunan, terutama di sektor konstruksi dan industri membuat sektor pertambangan sebagai sektor industri hulu, khususnya bahan galian golongan C, berkembang dengan pesat, baik jenis bahan galiannya maupun jumlah pengusahaannya.

Dengan fungsi tersebut, kebijakan pengembangan sektor pertambangan bahan galian golongan C diharapkan akan menunjang penciptaan efek ganda (multiplier effects) dalam pembangunan ekonomi di daerah, guna menciptakan nilai tambah bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyakat.

Provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya bahan galian golongan C yang cukup besar, mempunyai peluang untuk lebih mengembangkan potensi ini secara optimal agar memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap perekonomian daerah, serta mendukung pertumbuhan sektor-sektor ekonomi lainnya.

Adanya pergeseran struktur ekonomi dari sektor pertanian ke sektor industri di Jawa Barat, telah membuka peluang makin berkembangnya pengusahaan sektor pertambangan bahan galian golongan C sebagai salah satu sektor pendukungnya. Apabila peningkatan permintaan untuk sektor industri ini tidak diantisipasi sesegera mungkin, maka akan terjadi peningkatan impor komoditi ini yang berdampak kurang menguntungkan bagi perkembangan sektor pertambangan bahan galian golongan C khususnya dan bagi perekonomian pada umumnya.

Dengan melihat peranan sektor pertambangan bahan galian golongan C yang sangat penting tersebut, sebagai salah satu sektor pendukung bagi pertumbuhan proses industrialisasi, juga dengan diberlakukannya Otonomi Daerah, dimana ada perubahan kewenangan pengelolaan wilayah pertambangan bahan galian golongan C dan perubahan kewenangan pengelolaan pendapatannya, maka perlu dilakukan kajian bagaimana peran sektor pertambangan bahan galian golongan C pada pra dan masa otonomi daerah dan bagaimana keterkaitannya dengan sektor ekonomi lainnya, sehingga mendapatkan nilai tambah yang optimal dalam upaya mendukung pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jawa Barat.


Password: VYGU4dqH


No comments:

Post a Comment