Tuesday, August 27, 2013

Download Skripsi Kesehatan Gratis

Download Skripsi Kesehatan Gratis

Analisis faktor yang mempengaruhi kekambuhan (relaps) pada pengguna NAPZA yang mendapatkan layanan pasca konselin di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar

Terapi perawatan penyalahguna NAPZA harus menggunakan pendekatan holistik (holistic approach) yaitu tidak hanya mengobati fisik (jasmani) tetapi juga kejiwaan, sosial dan keimanan (bio,psiko,sosio dan spiritual). Sebagaimana diketahui bahwa penyalahgunaan NAPZA merupakan bagian dari bidang psikiatri, hal ini dikarenakan penyalahgunaan NAPZA dapat menimbulkan gangguan mental dan perilaku. Kejadian ini disebabkan oleh karena NAPZA dapat mengganggu system neurotransmitter dalam susunan saraf pusat (otak).
Kekambuhan (relaps) pada penyalahguna NAPZA disebabkan karena adiksi sebagai suatu penyakit yang bersifat kronis atau akut. Studi kepustakaan menunjukkan bahwa angka kekambuhan cukup tinggi yaitu 43,9% (Hawari, 2006). Dari mereka yang kambuh ada tiga faktor utama sebagai penyebabnya yaitu faktor teman 58,36%, faktor sugesti 23,21% dan faktor frustasi dan stress 18,43% (Hawari,2006).
Dalam rangka menekan laju perkembangan penyalahgunaan NAPZA dan membantu merehabilitasi korban NAPZA, maka Pemerintah sulsel sejak tahun 2007 atas prakarsa gubernur untuk mendirikan program perumahan terapi metadon di Puskesmas Kassi Kassi bagi Penyalahgunaan NAPZA yang telah beroperasi sejak tahun 2007. merupakan tempat penelitian yang dipilih oleh peneliti untuk melakukan penelitian dimana jumlah pasien saat ini 30 orang. Data ini diperoleh berdasarkan hasil study pendahuluan pada tanggal 16 Juni 2009.
Adapun sistem yang di gunakan oleh Puskesmas Kassi Kassi adalah dengan memberikan program perumahan terapi metadon dengan disertai (therapeutic community) yaitu suatu program layanan konseling bagi para pecandu narkoba, program ini memfokuskan untuk membangun suatu pribadi yang dapat kembali hidup ditengah–tengah masyarakat dengan mental, emosi dan jiwa yang positif agar dapat bersosialisasi dengan dukungan dari diri sendiri dengan lingkungan yang positif dan teman senasib dan sepenanggungan. Semua usaha dan program yang dilaksanakan pada akhirnya dapat mengantarkan seseorang mantan pecandu untuk terbebas dari lingkungan NAPZA, mampu hidup sehat dan terbebas dari NAPZA (clean and sober) serta kualitas hidup yang positif.
Silahkan download Skripsi Kesehatan Gratis dilink berikut Analisis faktor yang mempengaruhi kekambuhan (relaps) pada pengguna NAPZA yang mendapatkan layanan pasca konselin di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar  

Password: XXeq8Mal


Rujukan: http://www.4skripsi.com

No comments:

Post a Comment