Tuesday, August 6, 2013

Download Skripsi Pertanian Terbaru dan Gratis

Download Skripsi Pertanian Terbaru dan Gratis

Perubahan penggunaan lahan pertanian di Kabupaten Gowa Provinsi Sul-Sel dengan menggunakan citra satelit Landsat 5 TM

Penggunaan lahan (land use) adalah setiap bentuk campur tangan (intervensi) manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya baik material maupun spiritual Penggunaan lahan dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar yaitu (1) pengunaan lahan pertanian dan (2) penggunaan lahan bukan pertanian.
Perubahan penggunaan lahan adalah bertambahnya suatu penggunaan lahan dari satu sisi penggunaan ke penggunaan yang lainnya diikuti dengan berkurangnya tipe penggunaan lahan yang lain dari suatu waktu ke waktu berikutnya, atau berubahnya fungsi suatu lahan pada kurun waktu yang berbeda.
Penginderaan jauh atau inderaja (remote sensing) adalah seni dan ilmu untuk mendapatkan informasi tentang obyek, area atau fenomena melalui analisa terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah ataupun fenomena yang dikaji. Alat yang dimaksud dalam pengertian diatas adalah alat pengindera atau sensor. Pada umumnya sensor dibawa oleh wahana baik berupa pesawat, balon udara, satelit maupun jenis wahana yang lainnya .
Hasil perekaman oleh alat yang dibawa oleh suatu wahana ini selanjutnya disebut sebagai data penginderaan jauh. Penginderaan jauh adalah berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi, infomasi ini khusus berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi. Dari pendapat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa penginderaan jauh terdiri atas 3 komponen utama yaitu obyek yang diindera, sensor untuk merekam obyek dan gelombang elektronik yang dipantulkan atau dipancarkan oleh permukaan bumi. Interaksi dari ketika komponen ini menghasilkan data penginderaan jauh yang selanjutnya melalui proses interpretasi dapat diketahui jenis obyek area ataupun fenomena yang ada.
Aplikasi SIG banyak digunakan untuk perencanaan pertanian dan penggunaan lahan. Analisis terpadu terhadap jenis tanah, kemiringan lereng, pengolahan tanah, dan jenis tanaman telah dilakukan untuk memprediksai erosi tanah sehingga program pengendalian dapat ditentukan menggunakan SIG sebagai system otomatis untuk mendukung pemetaan dan evaluasi tanah dan sumber daya lahan di Indonesia.
Konfigurasi dasat satelit Landsat berbentuk kupu-kupu dengan tinggi sekitar 3 meter dengan garis tengah 1.5 meter, panel surya yang melintang sekitar 4 meter. Berat kurang dari 815 kg dan diluncurkan ke orbit lingkarnya pada ketinggian nominal 900 km. Orbit Landsat melalui 90 Kutub Utara dan Kutub Selatan, setiap hari mengorbit bumi sebanyak 14 kali, membutuhkan waktu sekitar 103 menit setiap satu kali mengorbit bumi. Gambar 2.2 merupakan konfigurasi dasar satelit Landsat
Untuk lebih lengkapnya silahkan download skripsi pertanian terbaru dan gratis dilink berikut Perubahan penggunaan lahan pertanian di Kabupaten Gowa Provinsi Sul-Sel dengan menggunakan citra satelit Landsat 5 TM

pasword:cWlBv0OO


Rujukan: http://www.4skripsi.com/skripsi-pertanian/perubahan-penggunaan-lahan-pertanian-di-kabupaten-gowa-provinsi-sul-sel-dengan-menggunakan-citra-satelit-landsat-5-tm.html#ixzz2bCJdVSI4

No comments:

Post a Comment