Thursday, August 29, 2013

Download Skripsi Teknik 2013

Download Skripsi Teknik 2013

PT. Marunda Grahamineral merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan berlokasi di Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Propinsi Kalimantan Tengah. Lokasi penelitian berada di pit 8 blok North Kawi. Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka.

PT. Marunda Grahamineral menetapkan target produksi tanah penutup (overburden) untuk pit 8 blok North Kawi sebesar 540 BCM/jam. Proses penambangan material overburden menggunakan alat mekanis 1 unit Excavator Komatsu PC 1250 SP-7 melayani 4 unit Dump Truck Komatsu HD 465-7 untuk blok North Kawi dengan jarak 696 meter menuju disposal.

Permasalahan yang terjadi adalah belum terpenuhinya produksi dari alat muat dan alat angkut sehingga target produksi belum tercapai, terutama pada pit 8 blok North Kawi. Kemampuan produksi saat ini 340,05 BCM/jam untuk pit 8 blok North Kawi. Tidak tercapainya sasaran produksi dikarenakan banyaknya waktu kerja yang terbuang karena adanya hambatan kerja baik hambatan yang dapat dihindari maupun hambatan yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya hambatan-hambatan tersebut akan memeperkecil waktu kerja efektif sehingga menyebabkan effisiensi kerja rendah.

Upaya peningkatan produksi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan waktu efektif kerja, waktu kerja tersedia, dan penambahan jumlah alat muat dan alat angkut yang dibutuhkan. Untuk pit 8 blok North Kawi, dengan penambahan 2 unit alat angkut Dump Truck Komatsu HD 465-7 sehingga produksinya meningkat dari 340,05 BCM/jam menjadi 540 BCM/jam.

Dengan adanya peningkatan produksi dari bertambahnya jumlah alat, maka faktor keserasian kerja alat menjadi 1,21 untuk pit 8 blok North Kawi. Perbaikan MF dilakukan dengan cara melakukan penambahan curah dari 4 menjadi 5 kali pengisian sehingga produksi alat angkut menjadi 559,88 BCM/jam dan MF menjadi 0,96. Untuk dapat mencapai sasaran produksi sebaiknya dilakukan pengawasan terhadap waktu kerja yang telah ditetapkan guna mencegah hambatan-hambatan yang terjadi selama bekerja dan perlu adanya perhitungan standar waktu hambatan sehingga mempermudah pengontrolan.


Password: ZPI0f9SG


No comments:

Post a Comment