Saturday, August 31, 2013

Download Skripsi Komputer Gratis Tentang Implementasi Integrasi account Aplikasi

Download Skripsi Komputer Gratis Tentang Implementasi Integrasi account Aplikasi

Internet menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai Internet.Seperti e-mail atau electronic mail adalah fasilitas Internet yang memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat yang ditransmisikan secara elektronik. Serta instant messaging memungkinkan pemakai Internet untuk berkomunikasi dua arah secara interaktif.

Aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan account untuk saling berkomunikasi, dimana account tersebut pada umumnya terdiri dari username dan password. Manajemen account akan sulit apabila username dan password tesebut berbeda dan dari aplikasi yang berbeda pula. Untuk menyederhanakan hal tersebut diperlukan adanya integrasi account beberapa aplikasi menjadi satu. Salah satu dari teknologi tersebut ialah pemanfaatan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) dan Remote Authentication Dial In User Service (RADIUS).

LDAP adalah sebuah protokol network yang digunakan untuk keperluan mengkases informasi yang didistribusikan dalam bentuk object- oriented database. (Iwan Sofana, 2008:337).Sedangkan merupakan sebuah protokol network untuk autentifikasi, otorisasi dan pendaftaran account secara terpusat untuk mengakses jaringan.

Pusat Pengembangan Informatika Nuklir (PPIN) BATAN merupakan salah satu divisi dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang berfungsi mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi untuk BATAN.BATAN menggunakan web mail berbasisSquirrel Mail yang sudah terlampau lama, sehingga PPIN sebagai divisi pengembangan informatika berniat menganti mail serverlama dengan mail server baru berbasisZimbra Collaboration Suite (ZCS) yang dilengkapi dengan Webchat. Zimbra merupakan mail serveropensource dengan manajemen account menggunakan LDAP.

PPIN menggunakan Mikrotik RouterOS untuk distribusi koneksi jaringan kabel dan tanpa kabel milik BATAN. Namun untuk manajemen account hotspot belum menggunakan RADIUS. Berawal dari masalah-masalah tersebut penulis melakukan penelitian untuk mengintegrasikan mail, web chat, dan hotspotaccount menjadi satu menggunakan mail account Zimbra, dengan ini manajemen account hanya menggunakan Zimbra Collaboration Suite (ZCS).


Password: 6WMGjUp6

No comments:

Post a Comment