Saturday, August 31, 2013

Download Skripsi Komputer Gratis Tentang Manajemen Energi Berbasis Mikrokontroller

Download Skripsi Komputer Gratis Tentang Manajemen Energi Berbasis Mikrokontroller

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian / pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Hal ini dapat diterapkan di pabrik, bangunan kantor, pusat olahraga, rumah kediaman, dan untuk semua jenis bangunan di mana menggunakan energi diperlukan untuk membuat efisien penggunaan energi. Energi yang dibahas adalah merupakan energi listrik yang akan diatur untuk keperluan sistem peralatan – peralatan yang ada di dalam ruangan kuliah. Agar penggunaan energi tersebut teratur maka diperlukan yang namanya manajemen energi. Manajemen energi ini penerapannya sangat tepat pada kebanyakan fasilitas – fasilitas public seperti penerangan taman, penerangan jalan, katup – katup air pada wc umum, ruang kuliah dan banyak lagi yang lainnya.

Dalam elektronika terdapat komponen yang dibuat sebagai indra perasa yang dapat mendeteksi suatu keadaan dilingkungan. Komponen ini disebut sensor, alat ini dapat mendeteksi suatu keadaan lingkungan dan mengambil data-data dari hasil pendeteksiannya yang kemudian diterjemahkan kedalam kode - kode yang bisa dimengerti oleh suatu rangkaian komponen elektronika, yang kemudian data - data tersebut diaplikasikan sesuai dengan keperluan. IC LM 35 sebagai sensor suhu yang teliti dan terkemas dalam bentuk Integrated Circuit (IC), dimana output tegangan keluaran sangat linear terhadap perubahan suhu. Sensor ini berfungsi sebagai pegubah dari besaran fisis suhu ke besaran tegangan yang memiliki koefisien sebesar 10 mV /°C yang berarti bahwa kenaikan suhu 1° C maka akan terjadi kenaikan tegangan sebesar 10 mV. IC LM 35 ini tidak memerlukan pengkalibrasian atau penyetelan dari luar karena ketelitiannya sampai lebih kurang seperempat derajat celcius pada temperature ruang.

Jangka sensor mulai dari – 55°C sampai dengan 150°C, IC LM35 penggunaannya sangat mudah, difungsikan sebagai kontrol dari indicator tampilan catu daya terbelah. IC LM 35 dapat dialiri arus 60 μ A dari supplay sehingga panas yang ditimbulkan sendiri sangat rendah kurang dari 0 ° C di dalam suhu ruangan. Untuk mendeteksi suhu digunakan sebuah sensor suhu LM35 yang dapat dikalibrasikan langsung dalam C (celcius), LM35 ini difungsikan sebagai basic temperature sensor. Mikrokontroler AT89S51 merupakan mikrokontroller 8-bit dengan 4 KB memori In-System Programmable Flash (ISP Flash), konsumsi daya yang rendah dan memiliki performa yang tinggi.. Mikrokontroler berteknologi memori nonvolatile kerapatan tinggi dari Atmel ini kompatibel dengan mikrokontroler standar industri MCS-51 baik pin kaki IC maupun set instruksinya serta harganya yang cukup murah.

Flash pada chipnya memungkinkan memori program untuk diprogram ulang dalam sistem atau dengan pemrograman memori konvensional. Dengan memadukan 8-bit CPU versatile dengan flash yang dapat diprogram dalam sistem pada suatu chip monolitik dapat dihasilkan sebuah mikrokontroller Atmel AT89S51 yang kuat dan menyediakan fleksibilitas yang tinggi serta solusi biaya yang efektif untuk berbagai macam aplikasi control ambedded. Mikrokontroller AT89S51 ( 40 pin) sudah ada memori flash didalamnya sehingga sangat praktis digunakan untuk bereksperimen. Pada mikrokontroler terdapat inisialisasi yang berupa interupsi. Inisialisasi interupsi ini digunakan untuk menentukan masukan (input) yang jumlahnya lebih dari satu. Inisialisasi ini berfungsi agar pemrosesan input di dalam mikrokontroler dapat dikelola dengan baik. Jadi, apabila terdapat dua input yang tingkatannya sama maka inisialisasi interupsi akan memilih input mana yang akan diproses terlebih dahulu.

IC ( Integrated Circuit ) LM324 merupakan sebuah IC Op-Amp ( Operational Amplifier ) yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Amplifier (penguat) LM324 memiliki fungsi yang sama dengan IC Op-Amp jenis 741. IC 741 memiliki pin yang yang berjumlah 8 pin dan terdapat dua buah input (masukan) dimana masing-masing input berbeda yaitu satu buah input inverting ( membalik ) dan satu buah input non-inverting ( tak membalik ) dan satu buah output (keluaran) pada amplifier tersebut. Keuntungan menggunakan IC LM324 yaitu jika pada rangkaian yang kita buat membutuhkan lebih dari satu penguat, karena IC LM324 memiliki 4 buah penguat didalam satu buah IC dengan keseluruhan pin berjumlah 14. Penguat yang terdapat didalam IC tersebut dapat digunakan dengan cara dihubungkan secara pararel jika kita menggunakan banyak input dan output pada rangakaian yang kita buat.


Password: lvfOgU92




No comments:

Post a Comment