Sunday, September 8, 2013

Download Contoh Skripsi Akuntansi Terbaru(Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Kredit)

Download Contoh Skripsi Akuntansi Terbaru(Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Kredit)

Tri Endah.W. 2007. Skripsi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Berdasarkan data keuangan yang ada pada PD. BPR-BKK di Kabupaten Purbalingga Tahun 2003-2005, menunjukan bahwa ROA tergolong sehat karena melebihi 1,50 , sama halnya dengan BOPO juga tergolong sehat karena kurang dari 93,52. Penelitian sebelumnya yang menunjukkan tidak ada pengaruh antara efektivitas pengendalian intern kredit terhadap rentabilitas pada PD. BPR-BKK di Kabupaten Tegal 2001-2003. Oleh karena itu peneliti ingin menguji kembali apakah efektivitas pengendalian intern kredit berpengaruh terhadap rentabilitas pada PD. BPR-BKK di Kabupaten Purbalingga. Permasalahan yang diungkap penelitia ini, 1) apakah efektivitas pengendalian intern kredit berpengaruh terhadap rentabilitas pada PD. BPR-BKK di Kabupaten Purbalingga Tahun 2003-2005?, 2) Seberapa besar pengaruh efektivitas pengendalian intern kredit terhadap rentabilitas pada PD. BPR-BKK di Kabupaten Purbalingga Tahun 2003-2005?

Populasi dalam penelitian ini adalah 11 PD. BPR-BKK di Kabupaten Purbalingga. Populasi ini sekaligus sebagai sample penelitian. Adapun variabel yang diukur efektivitas pengendalian intern kredit sebagai variabel bebas sedangkan rentabilitas sebagai variabel terikatnya. Data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan angket (kuesioner) serta dianalisis menggunakan analisis regresi linier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian intern kredit berpengaruh terhadap rentabilitas pada PD BPR BKK Purbalingga di Kabupaten Purbalingga. Uji hipotesis I menggunakan analisis regresi diperoleh p value = 0,001< 0,05, yang berarti ada pengaruh pengendalian intern kredit terhadap ROA. Uji hipotesis II diperoleh p value = 0.000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh pengendalian intern kredit terhadap BOPO. Besar pengaruh efektivitas intern terhadap ROA pada PD BPR BKK Purbalingga di Kabupaten Purbalingga mencapai 28.4%, sedangkan pengaruhnya terhadap BOPO sebesar 31,3%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pengendalian intern kredit berpengaruh terhadap rentabilitas pada PD BPR BKK Purbalingga di Kabupaten Purbalingga. Kualitas pengendalian intern kredit perlu dilakukan oleh PD. BPR BKK Kabupaten Purbalingga terutama berkaitan dengan pengawasan kredit dan kolektibilitas kredit, sebab kedua indikator tergolong lebih rendah daripada indikator lain, sehingga diharapkan mampu meningkatkan rentabilitas.

No comments:

Post a Comment