Wednesday, September 4, 2013

Download Contoh Skripsi Manajemen Gratis (Pengaruh Kondisi Kerja)

Download Contoh Skripsi Manajemen Gratis (Pengaruh Kondisi Kerja)

Kepuasan kerja pegawai dipengaruh oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai, antara lain adalah kondisi kerja, kesesuaian tugas dan beban kerja. Apabila kondisi kerja di Puskesmas terjalin dengan baik maka kepuasan kerja pegawai juga baik. Pegawai yang bekerja harus mempunyai kesesuaian tugas antara pendidikan dan tugasnya. Beban kerja pegawai adalah tekanan pegawai yang dialami selama bekerja.

Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerja. Kepuasan kerja ini dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan, dan kombinasi dalam dan luar pekerjaan. Kepuasan kerja dalam pekerjaan adalah kepuasan kerja yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh pujian hasil kerja, penempatan, perlakuan, peralatan dan suasana lingkungan kerja yang baik. Karyawan yang lebih suka menikmati kepuasan kerja dalam pekerjaan ini akan lebih mengutamakan pekerjaannya daripada balas jasa, walaupun balas jasa itu penting.

kondisi kerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi pegawai terhadap pekerjaan yang dilakukan, maka setiap organisasi haruslah mengusahakan agar kondisi kerja tersebut diusahakan sedemikian rupa sehingga mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja. Kondisi kerja yang tidak menyenangkan dapat berakibat buruk terhadap semangat dan kepuasan kerja. Misalnya lingkungan kerja yang bising, kondisi udara yang panas, kurang terang akan mengganggu kenyamana pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan demikian semangat kerja pegawai akan menurun akibatnya kepuasan kerja juga menurun.

Kesesuaian tugas merupakan pekerjaan yang sangat penting bagi seorang pimpinan organisasi dalam upaya untuk pengembangan dan pengaturan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh setiap karyawan. “Kesesuaian tugas adalah suatu fungsi komplek yang memerlukan pemahaman baik terhadap variabel-variabel teknikal maupun variabel-variabel sosial yang dilakukan secara efektif dan efisien” (T. Hani Handoko, 2000 : 179).

Pada dasarnya para karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan adalah untuk memenuhi kebutuhan dirinya di dalam hal pencarian pendapatan bagi dirinya dan keluarganya. Dengan demikian para karyawan tersebut akan mempunyai suatu dorongan tanpa beban di dalam dirinya untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik pada perusahaan dimana mereka bekerja. Sebenarnya pada setiap karyawan yang bekerja di dalam perusahaan akan mempunyai motivasi kerja yang tinggi baik di dalam pelaksanaan tugas sehari- hari yang dibebankan kepada mereka. Beban kerja adalah suatu dorongan yang dirasa terlalu berat di dalam dirinya untuk dapat melaksanakan pekerjannya dengan baik pada perusahaan dimana mereka bekerja (Agus Ahyari, 1998 : 133)

Penelitian sebelumnya dilakukan oleh Veronica Dotty W dari AUB Surakarta dengan judul pengaruh kompensasi, beban kerja, lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Graha Farma di Surakarta pada tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompensasi, beban kerja, lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Graha Farma di Surakarta.


Password: Z7Haa1aW

No comments:

Post a Comment