Wednesday, September 11, 2013

Download Contoh Skripsi Kesehatan Terlengkap(Analisis Kepuasan pasien)

Download Contoh Skripsi Kesehatan Terlengkap(Analisis Kepuasan pasien) 

Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan klien, mencegah terjadinya masalah ilegal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit, tetapi yang paling penting adalah mengamalkan ilmunya untuk memberikan pertolongan terhadap sesama manusia (Damaiyanti, 2008).

Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien (Indrawati, 2003 dalam Wahyudi, 2009). Komunikasi terapeutik bukan pekerjaan yang bisa dikesampingkan, namun harus direncanakan, disengaja, dan merupakan tindakan professional (Arwani, 2003 dalam Wahyudi, 2009).

Komunikasi menjadi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Hal ini disebabkan karena setiap manusia mempunyai keterbatasan dalam menelaah informasi yang disampaikan. Hal ini juga sering terjadi pada institusi pelayanan kesehatan, misalnya pasien sering komplain karena tanaga kesehatan tidak mengerti maksud pesan yang disampaikan pasien, sehingga pasien tersebut menjadi marah dan tidak datang lagi mengunjungi pelayanan kesehatan tersebut (Wahyudi, 2009).

Dari hasil pengamatan peneliti di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo menunjukkan adanya keluhan-keluhan pasien terhadap pelayanan yang diberikan yang seharusnya bisa diatasi dengan komunikasi terapeutik perawat, terutama pasien yang membutuhkan masa perawatan yang lama menyebabkan keluarga dihantui dengan bermacam-macam stressor yaitu ketakutan akan kematian, ketidakpastian hasil, dan kekhawatiran akan biaya perawatan. Ketidakpuasan lain yang dikeluhkan pasien berkaitan dengan komunikasi antara lain disebabkan kurangnya kesempatan bagi pasien untuk lebih bebas bertanya tentang kondisi penyakitnya, keluhan-keluhan kadang tidak ditanggapi, dan tidak memberikan penjelasan yang tuntas tentang penyakit yang diderita.



Password: Ei5CX8DG


No comments:

Post a Comment