Tuesday, September 10, 2013

Download Skripsi Kimia Terbaru(PEMBELAJARAN LIFE SKILL DIKLAT KIMIA)

Download Skripsi Kimia Terbaru(PEMBELAJARAN LIFE SKILL DIKLAT KIMIA)

SMK Kimia Industri Theresiana dalam pembelajarannya lebih membekali peserta didik untuk menjadi tenaga menengah di bidang kimia industri. Kegiatan pembelajarannya lebih banyak memberikan bekal dengan mata diklat produktif kimia, di samping diklat adaptif dan normatif. Pembelajaran diklat kimia produktif lebih banyak menggunakan pendekatan life skill karena mengupas tentang kimia yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari di industri, sedangkan mata diklat kewirausahaan (adaptif) hanya mendapat proporsi yang lebih sedikit dan terpisah dari pembelajaran life skill tersebut, sehingga diprediksi menjadi penyebab mengapa lulusannya lebih berorientasi pada kerja dan hanya sedikit sekali yang berusaha untuk berwirausaha. Ada indikasi bahwa minat Siswa untuk berwirausaha relatife rendah, sehingga perlu dikaji apakah ada pengaruh pembelajaran life skill diklat kimia produktif dan prestasi belajar diklat kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X dan XI SMK Kimia Industri Theresiana Semarang tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 210 Siswa. Sampel diambil secara proporsional random sampling sebanyak 138 Siswa. Variabel yang yang diteliti adalah pembelajaran life skill diklat kimia produktif dan prestasi belajar diklat kewirausahan sebagai variabel bebas dan minat berwirausaha sebagai variabel terikat.
Data diambil dengan teknik dokumentasi dan angket, serta dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran life skill tergolong kurang baik. Sebanyak 58,70% Siswa memandang bahwa pelaksanaan pembelajaran life skill pada mata diklat kimia produktif masih tergolong kurang baik. Pembelajaran lebih menekankan kecakapan akademik, namun belum sepenuhnya melatih kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan vokasional secara baik.
Prestasi belajar mata diklat kewirausahaan tergolong baik. Sebanyak 54,35% Siswa memperoleh prestasi baik (antara 76-89) dan 45,65% Siswa memperoleh prestasi cukup (antara 60-75). Minat berwirausaha tergolong baik. Sebanyak 69,57% Siswa memiliki minat berwirausaha yang baik, karena memiliki kepercayaan diri baik, berorientasi pada tugas dan hasil, memiliki keberanian mengambil Risiko, kepemimpinan dan orisinil. Hasil analisis regresi menunjukkan pelaksanaan pembelajaran life skill berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan pvalue = 0,01 < 0,05, namun prestasi belajar kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan signifikansi 0,11 > 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran life skill diklat kimia produktif berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, sedangkan prestasi belajar diklat kewirausahaan tidak berpengaruh. Disarankan kepada guru mata diklat perlu mengembangkan atau melatih Siswa tentang kecakapan personal, sosial dan kecakapan vokasional serta perlu mengintegrasikan materi kewirausahaan dalam pembelajaran diklat kimia produktif.

Oleh ARIS SUBANDONO

No comments:

Post a Comment