Friday, September 6, 2013

Download Contoh Skripsi Sastra Terbaru(Analisis Awal Karir Jeanne Morau)

Download Contoh Skripsi Sastra Terbaru(Analisis Awal Karir Jeanne Morau)

Sebuah biografi mengangkat kisah perjalanan hidup seseorang yang benar-benar ada dan dianggap dapat membawa hikmah bagi para pembacanya, baik yang mengenal tokoh tersebut maupun tidak. Hikmah yang dapat dipetik tidak terbatas pada prestasi yang diraih si tokoh tetapi juga kegagalan-kegagalan yang dihadapinya serta caranya mengatasi masalah. Tokoh ini bisa saja orang yang sudah meninggal atau masih hidup. Bedanya dengan otobiografi, sebuah biografi tidak ditulis sendiri oleh tokoh yang bersangkutan melainkan oleh orang lain berdasarkan data-data yang ada, di antaranya hasil wawancara.

Di bagian awal sebuah biografi, penulis melihat perbedaan latar belakang seorang tokoh dengan tokoh lainnya dalam menentukan bidang yang ingin ditekuni. Ada yang dipengaruhi oleh lingkungan, ada pula yang disebabkan faktor luar sehingga pilihan karir si tokoh berubah drastis bahkan tidak terpikirkan sebelumnya. Latar belakang yang demikian jelas membawa dampak beragam seperti pertentangan dan kesulitan ekonomi namun pada rintangan-rintangan tersebut tidak mengurangi motivasi tokoh bersangkutan.

Bila dilihat dari fungsi bahasa (fonction du langage) yang diutarakan oleh R. Jakobson, maka bagian awal dari biografi ini lebih bersifat referensial dan dengan sendirinya yang dominan adalah aspek informatif sebuah komunikasi. Komunikasi yang bersifat informatif memunculkan pertanyaan: Apa yang diungkapkan oleh kata-kata dalam teks? Apa yang dikatakan oleh teks secara keseluruhan?

Tetapi penulis menduga bahwa pengarang biografi menggunakan juga fungsi bahasa (masih dari Jakobson) poetik yang menggugah pembaca untuk bertanya bagaimana teks ini dipresentasikan sehingga kata-kata dan kalimat di dalamnya, selain memberi informasi tentang awal biografi sang tokoh, juga menarik perhatian pembaca dari segi intelektual dan estetika. Seringkali makna sebuah tuturan dimunculkan oleh struktur yang laten dan struktur ini bisa dikenali berkat bantuan alat-alat analisis yang tersusun secara logico-semantik.

Terhadap awal biografi Jeanne Moreau ini, penulis akan melakukan analisis linguistik untuk mengungkap makna yang terkandung dalam struktur laten melalui struktur yang muncul ke permukaan. Maka dari itu penulis meneliti dan menuangkannya ke dalam skripsi yang berjudul “Analisis Awal Biografi Jeanne Moreau dalam Makna Kontekstual (Sebuah Tinjauan Linguistik).”




No comments:

Post a Comment