Tuesday, September 3, 2013

Download Skripsi Manajemen (Analisis Kepuasan Pelanggan Online Pada Situs Komunitas)


Download Skripsi Manajemen (Analisis Kepuasan Pelanggan Online Pada Situs Komunitas)

Untuk dapat sukses pada ekonomi online diperlukan strategi yang baru, kemitraan yang baru dan cara yang baru dalam menjalankan bisnis. Dengan hadirnya e-commerce, tren berbelanja konsumen yang dahulu dilakukan secara konvensional, dimana diperlukan kehadiran fisik konsumen dan barang yang dikonsumsi, lama-kelamaan dapat berbelanja secara praktis melalui internet, telepon, bahkan melalui short message service. Berbagai situs komunitas online tampil sesuai dengan kriteria dan ciri khas forum, seperti kafegaul.com, tempakul.com, babaflash.com, webgaul.com, forumdetik.com, bluefame.com dan berbagai situs komunitas lainnya. Komunitas online dianggap penting karena alasan sosial.

Aktivis komunitas online menyatakan bahwa komunitas online tersebut membantu menggantikan hubungan yang hilang karena orang-orang semakin sibuk dan terisolasi dari tetangga mereka. Beberapa peneliti bahkan menyatakan bahwa komunitas online mengizinkan orang-orang untuk dapat melakukan kontak dari berbagai belahan dunia dimana mereka memiliki minat yang sama. Karena orang-orang tersebut menjadi lebih terkoneksi dengan yang lain melalui komunitas online, mereka akan memperoleh keuntungan dari hubungan sosial yang sepadan. Beberapa komunitas menyediakan sub forum untuk melakukan transaksi, seperti barter barang-barang koleksi yang berawal dari hobi yang sama, sampai transaksi jual beli antar anggota forum. Beberapa barang yang sering diperjualbelikan antara lain peralatan komputer, kepingan CD, buku, kaos dan baju, bahkan layanan jasa internet, seperti jasa pengunduhan data (file download), pembuatan situs, jasa pembayaran online, dan lain sebagainya.

Kaskus sebagai forum komunitas online pada sub forum jual beli sebagai salah satu sarana yang menawarkan barang elektronik, periferal komputer, buku digital, kaos dan baju, dan lainnya mengenalkan model bisnis baru yang berbasiskan teknologi melalui forum komunitas online sub forum jual beli. Pemilihan situs kaskus didasarkan atas banyaknya sub forum yang menjadi pilihan anggota forum untuk dapat melakukan transaksi jual beli. Jika dibandingkan dengan forum komunitas lain, barang yang akan diperjualbelikan tidak terlalu spesifik dikategorikan sehingga pembeli maupun penjual hanya memasang iklan di satu sub forum jual beli tanpa kategori yang spesifik. Selain itu, situs kaskus sub forum jual beli memiliki perbedaan yaitu bahwa setiap barang dikategorikan spesifik, misalnya sub forum flora dan fauna, barangbarang lainnya, elektronik, services, otomotif dan perumahan.

Hal ini terlihat dari moderator yang aktif memfasilitasi dan memantau anggota forum untuk dapat melakukan transaksi jual beli di kategori forum yang sesuai. Jika tidak sesuai, maka thread yang dalam hal ini iklan yang dibuat oleh anggota forum akan dipindahkan ke sub forum yang sesuai sehingga baik penjual dan pembeli menaati peraturan yang ditetapkan moderator forum dan administratur situs. Baik pembeli dan penjual dapat melakukan interaksi secara langsung sehingga dapat terjadi kesepakatan adanya transaksi. Melalui situsnya, www.kaskus.us sub forum jual beli membidik pasar Indonesia, khususnya Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, dan Bandung sebagai pengakses terbanyak sebagai salah satu langkah strategis perusahaan dan bahkan individu untuk mentransformasikan bisnis konvensional menjadi basis teknologi, bahkan dalam skala rumah tangga atau usaha kecil menengah.

Pengalaman pelanggan online adalah seperti kecepatan dan kemudahan dalam dalam menjelajah situs, mencari produk yang diinginkan, dan akhirnya terjadi kesepakatan untuk melakukan transaksi. Pengalaman pelanggan dapat seperti meninggalkan situs belanja online dengan merasa puas, jaminan barang yang dibeli datang tepat waktu, dan menerima produk dalam kondisi yang baik. Memberikan pelayanan terbaik merupakan suatu upaya forum komunitas online dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Peningkatan pelayanan dan jaminan kepuasan pelanggan merupakan komitmen dan akan menjadi kelebihan serta diferensiasi situs Kaskus khususnya sub forum jual beli dibandingkan dengan situs forum komunitas online sejenis.


Password: cvvWNqjB


No comments:

Post a Comment