Wednesday, September 11, 2013

Download Skripsi Kesehatan Terbaru(Survei Kadar Hemoglobin)

Download Skripsi Kesehatan Terbaru(Survei Kadar Hemoglobin)

Penuaan adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari, berjalan secara terus-menerus, dan berkesinambungan. Selanjutnya akan menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis, dan biokimia pada tubuh sehingga akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Ditandai dengan adanya kemunduran biologis yang terlihat sebagai gejala-gejala kemunduran fisik, antara lain kulit mulai mengendur, timbul keriput, rambut beruban, gigi mulai ompong, pendengaran dan penglihatan berkurang, mudah lelah, gerakan menjadi lamban dan kurang lincah.

Menurut The National Old People’s Welfare Council di Inggris, penyakit atau gangguan umum pada lanjut usia ada 12 macam, salah satunya adalah anemia dan ini merupakan salah satu penyakit kelainan hematologi yang paling sering dijumpai pada lansia. Selain itu, dari hasil studi tentang kondisi sosial ekonomi dan kesehatan lanjut usia (Lansia) yang dilaksanakan Komnas Lansia di 10 propinsi tahun 2006, diketahui bahwa penyakit terbanyak yang diderita Lansia adalah penyakit sendi (52,3%), hipertensi (38,8%), anemia (30,7%) dan katarak (23 %), dikutip dari info Depkes 2008.

Anemia adalah salah satu penyakit kelainan hematologi yang paling sering dijumpai pada lansia. Prevalensinya meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Pendapat lain mengatakan bahwa menurunnya kadar hemoglobin (Hb) pada lansia adalah konsekuensi normal dari pertambahan usia, tapi hal ini telah dibantah oleh karena 80% penyebabnya telah diketahui. Dari suatu hasil studi terlihat bahwa pada kelompok lansia yang cukup sehat secara fisik dan sosioekonomi, anemia sangat jarang dijumpai. Prevalensi anemia pada lansia meningkat secara signifikan setelah usia 75 tahun. Insidensinya pada laki-laki lebih rendah dibandingkan perempuan sebelum usia 55 tahun, tetapi setelah usia 55 tahun anemia lebih sering dijumpai pada laki-laki. Penyebab anemia yang paling sering pada lansia adalah penyakit kronik dan defisiensi zat besi.

Selain itu ada juga data dari Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) “Budi Mulia 01” Cipayung, Jakarta timur pada tanggal 06 Juni 2006 tentang kondisi anemia pada lansia, dimana dari 100 orang lansia yang bersedia diambil darahnya hanya 86 orang sedangkan sisanya 14 orang tidak bersedia dengan berbagai alasan. Dan dari 86 orang lansia yang diperiksa ternyata sebanyak 40 orang mempunyai kadar hemoglobin (Hb) yang rendah, artinya lansia tersebut mengalami anemia. Kadar hemoglobin (Hb) yang rendah itu bervariasi, pada lansia laki-laki antara 10,0-12,5 g/dl sedangkan pada lansia wanita 10,0-11,5 g/dl. Namun ada juga 9 orang lansia yang mempunyai kadar hemoglobin (Hb) di bawah 10,0 g/dl.

Berdasarkan hal di atas, maka penulis tertarik ingin meneliti tentang “Survei Kadar Hemoglobin (Hb) pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha GAU MABAJI Kabupaten Gowa” dengan melakukan pemeriksaan kondisi fisik dalam hal ini difokuskan pada pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) untuk memberikan informasi tentang kondisi anemia pada lansia tersebut.


Password: 0BtgyDM4

No comments:

Post a Comment