Monday, September 2, 2013

Download Skripsi Mipa Gratis (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)


Download Skripsi Mipa Gratis (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)

Skripsi MIPA: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Semarang pada Materi Pokok Segi Empat Melalui Metode Inkuiri Bersifat Open Ended. Salah satu alternatif agar pembelajaran matematika tidak monoton dan berlangsung multiarah adalah dengan menerapkan metode inkuiri bersifat open ended melalui diskusi kelompok kecil. Metode inkuiri merupakan salah satu metode pengajaran yang digunakan dalam kurikulum 2006, karena variatif dan menyenangkan.

Gulo (2005:84) mengemukakan bahwa metode inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya. Dalam hal ini peranan guru sangat menentukan, karena guru selain sebagai pemberi informasi guru juga sebagai motivator, fasilitator dan pengarah. Dengan demikian, pembelajaran inkuiri yang terbentuk adalah inkuiri dengan bimbingan dari guru.

Agar siswa mencapai kompetensi dasar yaitu menghitung luas bangun segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah maka salah satu cara yang digunakan oleh guru adalah dengan menyusun pertanyaan yang bersifat open ended. Pertanyaan-pertanyaan open ended adalah masalah yang biasanya diberikan pada siswa untuk membuat suatu keputusan (Soedjoko, 2004). Masalah open ended bisa bersifat divergen atau konvergen. Bersifat divergen jika suatu masalah memiliki banyak solusi dan berbagai cara mengerjakan. Dalam penelitian ini, masalah open ended bersifat konvergen yaitu memiliki banyak cara mengerjakan tetapi hanya memiliki satu solusi. Jadi Inkuiri dapat bersifat open ended jika ada berbagai kesimpulan yang berbeda dari masing-masing siswa dengan argumen yang benar.

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Apakah melalui metode inkuiri bersifat open ended, hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok segi empat dapat meningkat?


Password: ViOjsomo



No comments:

Post a Comment