Tuesday, September 3, 2013

Download Skripsi Manajemen ( Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staff Akademik)


Download Skripsi Manajemen ( Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staff Akademik)

Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan. Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada organisasi. Perbaikan kinerja baik untuk individu maupun kelompok menjadi pusat perhatian dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.

Menurut Maier (dalam As’ad, 1991:47) sebagai kesuksesan seseorang di dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Lebih tegas lagi Lawler dan Poter menyatakan bahwa kinerja adalah “succesfull role achievement” yang diperoleh seseorang dari perbuatan-perbuatannya (As’ad, 1991:46-47). Dari batasan tersebut As’ad menyimpulkan bahwa kinerja adalah hasil yang dicapai seseorang menurut ukurang yang berlaku untuk pekerjaan yang bersangkutan.

Menurut Bernadin dan Russel (dalam Rosari Reni, 2002) kinerja merupakan catatan perolehan yang dihasilkan dari fungsi suatu pekerjaan tertentu atau kegiatan selama periode tertentu atau kegiatan selama periode waktu tertentu. Pengertian kinerja menurut Bernadin ini identik dengan pengertian Hasibuan (2000) yang menyatakan bahwa kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.

Para pimpinan organisasi sangat menyadari adanya perbedaan kinerja antara satu karyawan dengan karyawan lainnya yang berada dibawah pengawasannya. Walaupun karyawan bekerja pada tempat yang sama namun produktifitas mereka tidak sama. Secara garis besar perbedaan kinerja disebabkan oleh dua faktor (As’ad, 1991:49) yaitu faktor individu dan faktor situasi.

Berbagai upaya dalam peningkatan mutu kinerja sudah dilakukan, tetapi hal ini pun belum menjadi stimulus dalam meningkatkan semangat kerja dan loyalitas staff akademik dalam bekerja. Walaupun hal ini tidak terjadi pada seluruh staff, tetapi masalah tersebut akan menjadi kendala dan seharusnya memang harus dicari solusi atau jalan menuju keselarasan dalam mencapai tujuan Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman.

Penelitian ini berusaha untuk menentukan hubungan antara lingkungan kerja dan kinerja Staff Akademik Fakulta Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Perbedaan dengan penelitian terdahulu, peneliti ini merekomendasikan bahwa manajemen universitas harus menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif dengan memberikan perhatian lebih pada penyediaan fasilitas fisik, fasilitas sistem informasi, hubungan antar staff, kewenangan yang diberikan atasan dan pengembangan staff dalam rangka memfasilitasi kinerja yang lebih baik dari staff akademik.

Uraian di atas mengarah pada suatu masalah yaitu : apakah dengan lingkungan kerja dapat membuat tenaga pendidik tersebut melaksanakan tugasnya dengan baik dan mencapai kinerja yang tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul : ”Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staff Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman”.


Password: rZT7roUT.




No comments:

Post a Comment