Tuesday, September 3, 2013

Download Skripsi Manajemen Gratis (Penggunaan Konsep-Konsep Tanda Yang Ada Dalam Unsur Audio)

Download Skripsi Manajemen Gratis (Penggunaan Konsep-Konsep Tanda Yang Ada Dalam Unsur Audio)

Dunia periklanan mengenal sebuah istilah strategi kreatif. Menurut Rhenald Kasali, istilah tersebut memiliki beberapa arti tergantung siapa yang melihatnya. Seorang pengiklan (pemilik perusahaan iklan) biasanya akan berpikir bahwa strategi kreatif merupakan orientasi pemasaran yang diberikan kepada orang-orang kreatif sebagai pedoman dalam membuat suatu iklan. Sedangkan bagi orang-orang kreatif (pembuat iklan), strategi kreatif sering dianggap sebagai hasil terjemahan dari berbagai informasi mengenai produk, pasar, dan konsumen sasaran ke dalam suatu posisi tertentu dalam komunikasi yang kemudian dapat dipakai untuk merumuskan tujuan iklan.

Maksud dan tujuan tertentu disiasati pembuat iklan televisi dengan memasukkan lambang-lambang tertentu pula. Lambang tersebut dapat berupa dialog, visual, musik (theme song, backsound, atau iringan musik), jingle (lagu), dan sebagainya. Disengaja atau tidak, lambang tersebut mungkin dapat menghasilkan interpretasi yang berbeda bagi setiap orang yang melihat suatu iklan. Menurut Pawito, secara singkat mengatakan bahwa analisis semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang pesan atau teks-teks. Maka dengan analisis semiotik, peneliti berharap dapat memaknai sebuah iklan secara menyeluruh dan menganalisanya secara ilmiah.

Menurut Little John dalam Alex Sobur, suatu tanda (signs) menandakan sesuatu selain dirinya sendiri, dan makna (meaning) ialah hubungan antara suatu objek atau ide dari suatu tanda. Tanda dapat berupa sebuah teks, visual, simbol, wacana, suara, dan sebagainya. Penggunaan tanda dalam iklan haruslah sesuai dengan produk dan merek yang diiklankan, agar para calon konsumennya tidak salah memaknai suatu iklan. Memang tidak semua orang mempunyai pemaknaan yang sama terhadap suatu tanda. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, seperti tingkat pendidikan, wawasan, pengalaman, serta faktor lainnya, yang nantinya akan timbul kesalahpahaman (misunderstanding) dalam memahami dan memaknai suatu tanda. Jika calon konsumen salah dalam memaknai suatu iklan, maka tujuan periklanan yang direncanakan tidak akan tercapai dan tepat guna (efektif).

Tanda-tanda, khususnya tanda dalam iklan di televisi sangat menarik untuk ditelisik lebih dalam, yang nantinya akan terlihat ada ideologi apa yang tersembunyi di balik kemasan iklan menarik tersebut. Apalagi bila suatu tanda sudah dibumbui persaingan antar brand produk sejenis. Terdapat kepentingan-kepentingan perusahaan untuk saling mengungguli brand-nya satu sama lain. Sering kali, baik atau tanpa disadari, hal ini dapat menyinggung Etika Pariwara Indonesia, suatu aturan, tata krama, dan tata cara dalam beriklan yang baik di Indonesia. Iklan pun dibiasakan harus bisa mendidik dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat luas, tentunya agar tercipta masyarakat yang santun dan taat akan aturan yang ada.

Persaingan antar produk sejenis dalam beriklan di televisi, salah satunya terlihat pada brand XL dan Kartu As. XL, suatu brand yang meramaikan pasar provider di Indonesia. XL dari PT. XL Axiata Tbk (dulu bernama PT. Excelcomindo Pratama) mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996. XL, satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas dan merupakan layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G. Iklan XL selalu menarik dilihat dari banyak tanda yang disajikannya. Salah satu kompetitor XL yang saling head to head, khususnya dalam beriklan, adalah Kartu As, yang merupakan anak dari Telkomsel, bersama Simpati dan Kartu HALO (prabayar). Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler GSM kedua di Indonesia, dengan layanan pascabayarnya yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Lalu pada November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan prabayar GSM.


Password: 34x9NpBo



No comments:

Post a Comment