Tuesday, September 10, 2013

Download Skripsi Kimia(POKOK BAHASAN HIDROKARBON )

Download Skripsi Kimia(POKOK BAHASAN HIDROKARBON )

Berdasarkan hasil observasi dan angket tentang kondisi awal siswa di SMA N 10 Semarang didapatkan bahwa hasil belajar Kimia siswa kelas X-3 SMA N 10 Semarang masih rendah, yaitu nilai rata-rata untuk materi larutan elektrolit adalah 59,5 dengan ketuntasan klasikal 27,3%. Proses pembelajaran yang monoton karena didominasi dengan metode ceramah menyebabkan pembelajaran cenderung hanya berlangsung dari arah (pihak guru). Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa merasa bosan selama kegiatan belajar mengajar karena hanya pasif sebagai pendengar saja dan tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar. Pemecahan masalah yang diterapkan adalah memperbaiki proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menjadi pembelajaran yang bisa membangun minat, interaksi dan keaktifan serta dapat meningatkan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia sis
wa dengan menggunakan pembelajaran TAI. Penelitian ini diharapkan memberi manfaat : (1) bagi siswa, meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA N 10 Semarang (2) bagi guru, sebagai motivasi untuk meningkatkan ketrampilan memilih strategi pembelajaran yang bervariasi dan dapat memperbaiki sistem pembelajaran serta adanya inovasi model pembelajaran TAI (3) bagi sekolah sebagai masukan perlunya penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA tersebut.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA N 10 Semarang TA 2006/2007. Fokus yang diteliti adalah hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes diakhir siklus, data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari hasil observasi secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mitra. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal, 85% dari jumlah siswa mendapat nilai minimal 65.
Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kognitif siswa dan ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 9,59 dan 49,79% dari data awal ke siklus I dan meningkat sebesar 14,4 dan 11,37% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif dan ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 8,23 dan 20,46% dari siklus I ke siklus II serta untuk rata-rata hasil belajar psikomotorik dan ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 5,22 dan 20,45% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran TAI.

Oleh FIKI ROSYADA 

No comments:

Post a Comment