Monday, September 2, 2013

Download Skripsi Mipa Gratis (Rancang Bagun Dan Karakterisasi Induktor Eletromagnet Medan Tinggi)

Download Skripsi Mipa Gratis (Rancang Bagun Dan Karakterisasi Induktor Eletromagnet Medan Tinggi)

Magnet permanen yang digunakan pada hampir semua peralatan elektronika dalam prakteknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satu di antaranya adalah magnet ferit. Magnet jenis ini disintesis dengan menggunakan bahan dasar besi oksida. Hal yang cukup menggembirakan adalah bahwa bahan alamiah besi oksida terdapat secara melimpah di Indonesia, salah satu contohnya adalah dalam bentuk pasir besi.

Dalam kurun empat tahun terakhir, di Laboratorium Kemagnetan Bahan Jurusan Fisika UNNES tengah dilakukan penelitian intensif tentang pasir besi. Dalam penelitian tersebut telah dilakukan beberapa proses, di antaranya adalah pemisahan mineral magnetit dari pengotornya, oksidasi bahan magnetit menjadi maghemit dan hematit dan pembuatan serbuk barium ferrit yang siap dibuat menjadi magnet permanen. Barium ferit merupakan bahan magnet permanen yang dapat diaplikasikan untuk loudspeaker, motor listrik, dinamo, KWH meter dll.

Proses penelitian yang telah menghasilkan bahan magnetik yang telah siap dibuat menjadi magnet permanen tersebut memerlukan sebuah alat induktor elektromagnet yang dapat digunakan untuk memagnetisasi. Prinsip dasar proses tersebut berupa penyearahan domain-domain yang ada dalam bahan oleh induktor elektromagnet. Induktor elektromagnet yang dialiri arus akan membangkitkan medan magnet. Induktor elektromagnet dapat diwujudkan sebagai selenoida kawat email dengan inti magnet yang bersifat soft magnet. Arah medan magnet yang diberikan dari utara ke selatan yang mengakibatkan pengkutuban pada bahan magnetik yang arahnya berkebalikan.

Mengingat pentingnya alat tersebut guna mendukung berkembangnya riset tentang bahan magnetik yang berkelanjutan maka penulis melakukan penelitian yang berkait dengan rancang bangun alat induktor elektromagnetik medan tinggi. Alat tersebut diharapkan mampu memagnetisasi magnet hasil cetakan menjadi magnet permanen yang siap digunakan. Di antara alasan dilakukannya penelitian ini adalah harga induktor elektromagnet yang sangat mahal di pasaran sehingga diupayakan membuat sendiri dengan keluaran di atas satu tesla. Menurut Griffit (1989) medan magnet satu tesla sudah merupakan medan tinggi.


Password: dFULVmYT


No comments:

Post a Comment