Monday, September 2, 2013

Download Skripsi Mipa Gratis ( Pegoptimalan Jaringan Air Bersih )


Download Skripsi Mipa Gratis ( Pegoptimalan Jaringan Air Bersih )

Jaringan transportasi, listrik dan komunikasi merupakan sesuatu yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Persoalan-persoalan transportasi atau distribusi yang berkaitan dengan masalah pengiriman komoditas dari suatu sumber ke suatu tujuan dengan ongkos transportasi minimum. Suatu jaringan kerja terdiri atas suatu gugus titik dan sisi yang menghubungkan pasangan titik tertentu. Persoalan penting dalam jaringan kerja terdiri atas : 1) persoalan rute terpendek (shortest route), 2) persoalan minimasi jaringan atau pohon rentang minimum, 3) persoalan aliran maksimum (maximal flow).

Penulis memilih penelitian di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes karena kuantitas air yang diterima pelanggan sangat terbatas dan ada beberapa zona yang tidak terlayani serta menurut konsensus MDG (Millineum Development Goal) untuk tahun 2015 kebutuhan air bersih di Kabupaten Brebes minimal untuk wilayah perkotaan adalah 80% dan wilayah pedesaan 60%. Berdasarkan konsensus tersebut nampak bahwa tingkat kebutuhan masih jauh dari yang diharapkan, sehingga di tahun-tahun yang akan datang diperlukan program yang secara strategis mampu mendekati standar pelayanan minimal tersebut.

Berawal dari hal tersebut maka penulis tertarik untuk mempelajari program komputer yang berkaitan dengan pemecahan masalah jaringan air bersih di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, yang merupakan masalah minimasi dari transportasi yang akan direpresentasikan dan diselesaikan sebagai suatu jaringan yang biasa disebut pohon rentang minimum. Dalam hal ini penulis memecahkan permasalahan di atas menggunakan program Maple sebagai simulasinya, dimana program Maple memiliki kelebihan dalam memvisualisasikan bentuk dari suatu jaringan dan aplikasinya dalam memecahkan masalah pohon rentang minimum, sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, efisien dan akurat.

Terdapat 2 algoritma untuk menyelesaikan pohon rentang minimum yaitu algoritma Prim dan algoritma Kruskal. Adapun metode yang dipakai dalam kajian ini adalah algoritma Prim dengan simulasi program Maple untuk memecahkan permasalahan pendistribusian jaringan air bersih di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes.


Password: UAzOMbzv


No comments:

Post a Comment