Monday, September 2, 2013

Download Skripsi Ekonomi Gratis (Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Retrun Saham)

Download Skripsi Ekonomi Gratis (Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Retrun Saham)


Pasar modal (bursa efek) merupakan jembatan untuk distribusi kesejahteraan (Wealth Distribution) kemasyarakat,walapun ada indikasi di bursa efek Jakarta bahwa setelah swastanisasi, investor lebih berorientasi pada capital gain,namun informasi informasi mengenai dividen tetaplah diperlukan.Hal tersebut disebabkan salah satu faktor yang mempengaruhi keuntungan saham adalah harapan investor terhadap tingkat pendapatan dividen yang akan datang.

Investor menginvestasikan dananya dalam bentuk saham dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sebagai imbalan atas resiko yang akan dihadapinya. Investasi saham dinilai memiliki tingkat resiko yang lebih besar karena expected return dari investasi ini sifatnya tidak pasti, oleh karena itu informasi mengenai keuntungan saham dan resiko dari investasi saham menjadi hal yang penting bagi investor dalam mempertimbangkan suatu investasi.

Keuntungan yang diperoleh dari perubahan efek yaitu saham, diperoleh melalui dividen dan capital gain. Investor dalam menentukan investasinya memiliki pertimbangan berbeda, ada yang ingin menguasai perusahaan atau harapan memperoleh dividen bila perusahaan laba. Pada umumnya dividen yang diterima memiliki presentase kecil, disamping itu juga ada investor yang melakukan jual beli saham dengan maksud untuk memperoleh capital gain, yaitu dengan harapan memperoleh selisih lebih harga pada saat pembeliaan atau penjualan saham.

Permasalahan yang muncul adalah sejauh mana perusahaan mampu mempengaruhi keuntungan saham dipasar modal dan faktor atau variabel apa saja yang dapat dijadikan indikator, sehingga memungkinkan perusahaan memperhitungkannya, sehingga tujuan meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan nilai saham yang diperdagangkan di pasar modal dapat dicapai. Faktor-faktor yang mempengaruhi return saham, yaitu Return On Equity (ROE), Dividend Payout Ratio (DPR), Earnings Per Share (EPS) dan Leverage (DTA).

Return On Equity (ROE) digunakan untuk mengukur tingkat pengembalian atas investasi bagi pemegang saham biasa. Devidend Payout Ratio (DPR) disebut juga rasio pembagian laba dimana investor lebih suka bila perusahaan menetapkan DPR rendah karena dengan menginvestasikan kembali keuntungan akan menaikan nilai perusahaan atau harga saham, akan menguntungkan investor terhadap keuntungan yang diperoleh. Earnings Per Share (EPS) menunjukan tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan melalui nilai per lembar saham. Leverage (DTA) menggambarkan rasio hutang (debtration) yang menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjang, informasi rasio hutang yang diukur dengan debs to total asset dalam manajemen perusahaan menggunakan informasi dari neraca perusahaan.

Pasar modal syariah merupakan salah satu arena baru dalam melakukan investasi dengan tujuan untuk mendapatkan return atau keuntungan. Pasar modal syariah terdapat konsep ekonomi Islam yang melarang beberapa praktek dalam aktivitas perdagangan. Praktek yang dilarang ini meliputi pratek-praktek spekulasi, short selling, margin trading, insider irading, penimbun efek, dan penawaran palsu. Sekuritas yang diperjualbelikan di pasar modal syariah berasal dari perusahaan yang memiliki aktivitas dan hasil aktivitas operasi halal, memenuhi kriteria syariah dan terbebas dari unsur ribawi. Oleh karena itu, tidak semua perusahaan yang go public dapat menjual sahamnya disini.


Password: Rzdgs41d



No comments:

Post a Comment