Monday, September 2, 2013

Download Contoh Skripsi Bilologi Gratis (Pengaruh Pemberian Antioksidan)

Download Contoh Skripsi Bilologi Gratis (Pengaruh Pemberian Antioksidan)

Allethrin adalah bahan aktif yang dipakai pada beberapa jenis/merek obatnyamuk. Allethrin masuk ke dalam tubuh secara inhalasi, diduga dapat mengganggukualitas spermatozoa. Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah, motilitas, danviabilitas spermatozoa, serta kelainan morfologi spermatozoa. Banyak buktiepidemiologi menyatakan bahwa dengan asupan vitamin C dan E yang cukup akanmampu meminimalisir radikal bebas yang disebabkan oleh allethrin. Oleh karena ituperlu dilakukan penelitian kualitas spermatozoa tikus yang terpapar allethrin dari obatnyamuk elektrik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh vitamin C dan E padakualitas spermatozoa yang terpapar Allethrin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan Post TestRandomized Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putihjantan dewasa strain wistar yang terpapar allethrin. Dikelompokkan menjadi 4 kelompok,yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 ekor tikus, yaitu 1 kelompok kontrol (tanpapemberian antioksdan vitamin C dan E) dan 3 kelompok perlakuan (diberi antioksidanvitamin C, vitamin E dan kombinasi dari vitamin C dan E). Pemaparan obat nyamukelektrik dilakukan 8 jam per hari selama 45 hari dan pada hari ke 46 diambil data jumlah,motilitas, viabilitas, dan morfologi spermatozoa. Data diuji dengan anava satu jalan danjika berpengaruh dilanjutkan dengan uji lanjut BNT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan vitamin mempengaruhijumlah, motilitas dan viabilitas spermatozoa tikus terpapar allethrin. Hal tersebutditunjukkan dengan adanya beda nyata antara kelompok kontrol dengan perlakuan.Demikian juga pada kelompok kontrol ditemukan adanya kelainan morfologi.Simpulan dari penelitian ini yaitu paparan obat nyamuk elektrik 8 jm/hr selama45 hari menurunkan kualitas spermatozoa. Secara keseluruhan pemberian antioksidanvitamin C bersama dengan vitamin E pada tikus putih (Rattus norvegicus) strain wistaryang terpapar allethrin mampu mempertahankan kualitas spermatozoa daripadapemberian satu jenis vitamin.

Iswara, Arya. 2009. Skripsi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.


No comments:

Post a Comment