Sunday, September 1, 2013

Download Contoh Skripsi Sosial Gratis (Aktivitas Kewirausahaan Sosial)

Download Contoh Skripsi Sosial Gratis (Aktivitas Kewirausahaan Sosial)

Kewirausahaan sosial merupakan kombinasi dari semangat besar dalam misi sosial dengan disiplin, inovasi, dan keteguhan seperti yang lazim di dunia bisnis. Kegiatan kewirausahaan sosial dapat meliputi kegiatan : a) yang tidak bertujuan mencari laba, b) melakukan bisnis untuk tujuan sosial, dan c) campuran dari kedua tujuan tersebut, yakni tidak untuk mencari laba, dan mencari laba namun untuk tujuan sosial.

Seperti halnya Yayasan Kreasi Usaha Mandiri Alami (KUMALA) membangun unit-unit usaha dan ekonomi yang menghasilkan pendapatan bagi lembaga (earned income). Melalui unit usaha Gallery Karya Kita atau biasa disebut Galery K’Qta, strategi yang dilakukan untuk menggalang dana lewat strategi ini adalah penjualan produk atau barang dan jasa seperti kertas seni daur ulang dan kerajinan tangan (handycraft), digital printing, konveksi, warnet, bubut kayu, sepatu lukis dan lukisan.

Tujuan dari unit usaha Gallery K’Qta adalah kegiatan pengembangan dan pembinaan kreatifitas anak jalanan melalui kegiatan belajar membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas. Seluruh unit usaha tersebut dilakukan oleh kelompok sasaran atau binaan yang terdiri dari anak jalanan, remaja bermasalah dan pemuda pengangguran, masyarakat miskin kota maupun masyarakat desa, dan juga melibatkan pengurus dan orang yang direkrut yang memahami usaha.

Dalam artikelnya, Zaim Sadi (2004) menyimpulkan bahwa praktik perolehan uang dari unit usaha itu bisa berasal dari tiga sumber. Pertama, dari kelompok sasaran, yang diminta memberikan kontribusi. Kedua, penjualan produk atau jasa, yang sesuai dengan misi sosial lembaga, meskipun tidak berasal dari sasaran. Ketiga, penjualan produk atau jasa yang sama sekali tak terkait dengan misi sosial lembaga.

Kegiatan yang dilakukan Gallery K’Qta meliputi tahapan penetapan kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan dari kelompok sasaran, pengidentifikasian kemampuan dan potensi yang ada, serta ketersediannya pasar. Hal ini sejalan dengan aspek-aspek yang diungkapkan Gregory Dees (2001) meliputi misi untuk menciptakan dan mempertahankan nilai sosial (adopting a mission to create and sustain social value), mengenali dan menilai peluang (recognizing and assessing new opportunities), proses mobilisasi sumber daya (mobilizing resources), proses manajemen resiko (risk management), mengidentifikasi dan menarik pelanggan (understanding and attracting customers).


Password: 0mhlAe2h



No comments:

Post a Comment