Monday, September 2, 2013

Download Skripis Biologi Gratis (Pengaruh Tepung Tempe+Terhadap+Jaringan+kanker)

Download Skripis Biologi Gratis (Pengaruh Tepung Tempe+Terhadap+Jaringan+kanker)

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi. Pada tahun 1995 di Semarang, kanker payudara menempati urutan pertama dari 5 besar kanker yang terjadi pada wanita yaitu kanker payudara, leher rahim, hati, ovarium, dan rektum, dengan penderita 10,25 per 100.000 penduduk. Sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan resiko kanker payudara. Kebanyakan bangsa Asia yang mengkonsumsi tempe, angka penderita kanker payudara lebih rendah daripada negara lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tempe terhadap jaringan kanker mamma dan gambaran mikroanatomi ginjal mencit (Mus musculus) galur C3H yang ditransplantasi sel Adenocarcinoma mammae.

Populasi penelitian adalah mencit (Mus musculus) galur C3H berumur 2-3 bulan dengan berat 20-30 gram. Sampel adalah mencit (Mus musculus) betina galur C3H berjumlah 15 ekor. Variabel bebas adalah perlakuan tepung tempe dengan berat 0,02 gram (P1); 0,2 gram (P2) dan tanpa perlakuan (K). Variabel tergantung berupa volume jaringan kanker mamma, dan struktur mikroanatomi ginjal mencit dengan parameter kerusakan bagian glomerulus dan tubulus.
Variabel kendali meliputi galur, jenis kelamin, umur, berat badan mencit, dan pakan. Data penelitian dianalisis dengan ANAVA, dilanjutkan dengan uji BNT 95%. Struktur mikroanatomi ginjal mencit dianalisis secara deskriptif.

Hasil ANAVA menunjukkan bahwa pemberian tepung tempe secara signifikan (p<0,05) berpengaruh terhadap volume jaringan kanker mamma.
Hasil uji BNT menunjukkan perbedaan signifikan (p<0,05), kelompok P2 berbeda nyata dengan kelompok kontrol (K) dan PI. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif tepung tempe tidak berpengaruh pada struktur mikroanatomi ginjal mencit.
Simpulan bahwa pemberian tepung tempe 0,2 gram berpengaruh pada jaringan kanker mamma, tetapi tidak mempengaruhi gambaran mikroanatomi ginjal mencit (Mus musculus) galur C3H.

Rini Suhenti . 2006. Skripsi Jurusan Biologi FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM 



No comments:

Post a Comment