Monday, September 2, 2013

Download Skripsi Mipa Gratis (Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembagunan Gedung)

Download Skripsi Mipa Gratis (Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembagunan Gedung)

Bidang kajian Program Linier yang saat ini banyak digunakan dan dikembangkan oleh orang adalah teori analisis jaringan (network), dimana teori ini membahas persoalan dan pemecahan masalah manajemen proyek, yang menyangkut masalah perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek, sehingga keberhasilan dalam pelaksanaan proyek untuk selesai tepat pada waktunya adalah tujuan pokok dan utama, baik bagi pihak kontraktor dan pemilik.

Baik Riset Operasi maupun Program Linier, keduanya tidak lepas dari peran serta perkembangan teknologi. Salah satu bukti kemajuan teknologi sekarang adalah kemajuan dunia digital, yaitu kemajuan dalam sistem komputer. Menurut Lauden dan Lauden (2005:205) dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital” dikatakan bahwa kekuatan komputasi berlipat ganda setiap delapan belas bulan dan mengakibatkan semakin banyak orang akan bergantung pada sistem komputer untuk menjalankan operasi-operasi yang penting. Jadi dengan semakin meningkatnya kemampuan komputer setiap 18 (delapan belas) bulan, mengakibatkan semakin memungkinkan bagi sebagian besar orang untuk memanfaatkan teknologi dalam menganalisis data.

Dalam menganalisis data dan merencanakan kegiatan suatu proyek, tentunya keterlambatan adalah kondisi yang tidak dikehendaki, karena akan merugikan antara pihak kontraktor dan pemilik proyek, baik dalam segi waktu, biaya maupun tenaga. Seperti halnya proyek besar yang berada di wilayah Universitas Diponegoro (UNDIP) tepatnya di kelurahan Bulusan, kecamatan Tembalang, Semarang. Di kelurahan ini akan didirikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Sasaran utama dari pembangunan rumah susun sederhana sewa ini adalah sebagai tempat tinggal sementara bagi mahasiswa baru.

Pekerjaan pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP diharapkan selesai tepat pada waktunya, karena alasan tersebut maka harus ada kegiatan-kegiatan atau jenis pekerjaan yang harus terlebih dahulu dikerjakan atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), sehingga proyek dapat selesai tepat pada waktunya.

Dalam pembuatan skripsi yang berjudul “Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung (Kasus Rumah Susun Sederhana Sewa Wilayah UNDIP)” akan dibahas tentang perencanaan waktu penjadwalan proyek (waktu penyelesaian seluruh proyek) dengan menggunakan PERT-CPM serta penggunaan Lindo dan Microsoft Project, sehingga dapat diketahui kegiatan/pekerjaan mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), agar jadwal proyek teroptimalisasi dengan baik, sehingga keterlambatan dapat dikendalikan dan dihindari.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan banyaknya aplikasi software pendukung untuk sistem manajemen proyek, mempermudah kontraktor untuk menyelesaikan suatu proyek. Oleh sebab itu, diharapkan dari penelitian ini dapat dipilih alat bantu/software yang lebih baik untuk dipakai sebagai dasar pertimbangan dalam memperbaiki cara-cara lama yang sering menimbulkan kegagalan dalam proyek.


Password: BtUmk0K9



No comments:

Post a Comment