Monday, September 2, 2013

Doawload Skripsi Ekonomi Gratis (Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan)


Doawload Skripsi Ekonomi Gratis (Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan)


Marketing Mix merupakan inti sistem pemasaran perusahaan. Marketing Mix adalah kombinasi di empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti di sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Strategi lain yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan konsumen dengan peningkatab di segi kepuasan konsumen, kualitas produk, pertahanan merk, penetapan harga hingga kebijakan pemasaran yang mengarah pada keputusan pembelian konsumen.

Dengan strategi marketing mix diharapkan dapat meningkatkan loyalitas sehingga mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan untuk menarik minat konsumen agar membeli, perusahaan menggunakan alat promosi untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli produk. Kegiatan promosi yang dijalankan dengan baik akan membantu perusahaan untuk dapat menguasai pasar di suatu produk tertentu yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Penjualan tidak dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan jika tidak dilakukan komunikasi secara persuasif baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut American Society for Quality Control, kualitas adalah “the totality of features and characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy given needs”, artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari sebuah produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat. Definisi ini merupakan pengertian kualitas yang berpusat pada konsumen sehingga dapat dikatakan bahwa seorang penjual telah memberikan kualitas bila produk atau pelayanan penjual telah memenuhi atau melebihi harapan konsumen. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing.

Pasar sebagai konsumen akan selalu memberikan penilaian terhadap produk yang dibutuhkan baik dengan harga dengan kualitasnya, maupun manfaat yang diambilnya dalam pembelian produk itu besar kecilnya dicerminkan dalam permintaan para konsumen tersebut. Jika permintaan konsumen lemah, maka harga ditetapkan lebih rendah. Di kuat dan lemahnya permintaan konsumen akan suatu produk yang didasarkan pada penetapan harga jual, maka hal ini banyak dijadikan alasan para ahli bahwa sebaiknya ditetapkan berdasarkan permintaan para konsumen.

Kadang orang mempunyai pengertian yang salah tentang penjualan yang dianggap sama dengan istilah pemasaran. Padahal kedua istilah tersebut mempunyai ruang lingkup yang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yang luas, sedangkan penjualan hanyalah merupakan salah satu kegiatan saja dalam pemasaran. Seperti yang dijelaskan dalam pemasaran oleh Phillip Kotler bahwa proses pemasaran itu dimulai sejak sebelum juga tidak berakhir dengan adanya penjualan. Hal yang paling penting bagi pengusaha yang menginginkan usahanya dapat berjalan terus ialah pengusaha harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen dan memberikan jaminan yang lebih baik atas barang dan jasa yang dapat dilakukan setelah penjualan.

Penelitian ini dilakukan di perusahaan CV. Kharisma yang merupakan salah satu perusahaan yang ada didaerah Sukoharjo. Perusahaan Meubel CV. Kharisma bergerak dalam bidang pembuatan meubel. Sejak tahun berdiri hingga krisis ekonomi perusahaan Meubel CV. Kharisma mengalami perkembangan yang pesat hal itu dapat ditunjukkan dengan adanya kenaikan volume penjualan perusahaan pada akhir-akhir ini dibanding tahun sebelumnya.


Password: HES6YVpo


No comments:

Post a Comment