Sunday, September 1, 2013

Download Skripsi Sosial Gratis (Pengaruh Sosialisasi Pemilihan)

Download Skripsi Sosial Gratis (Pengaruh Sosialisasi Pemilihan)


Pemilu dalam suatu negara demokrasi merupakan suatu hal penting. Melalui Pemilu, rakyat dapat memilih orang-orang untuk menduduki jabatan publik dalam pemerintahan. Dengan kata lain, melalui Pemilu rakyat dilibatkan dalam proses politik baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemilu menjadi mekanisme/cara yang sah untuk menyalurkan aspirasi/kehendak rakyat dalam menentukan masa depan bangsa.

Prasyarat bagi berhasilnya pemilihan umum adalah adanya partisipasi politik masyarakat. Oleh karena itu, dalam mendukung partisipasi politik masyarakat dalam pemilu hendaknya rakyat memperoleh informasi tentang program dan tahapan pemilu. Hal ini sangat diperlukan, karena rakyat merupakan pemegang kedaulatan sesungguhnya dalam negara. Tingginya partisipasi masyarakat dalam pemilu menunjukkan bahwa masyarakat telah memahami hak dan kewajibannya sebagai pemegang kedaulatan negara.

Partisipasi politik masyarakat merupakan pengejawantahan dari penyelenggaraan kekuasaan politik yang sah oleh rakyat. Anggota masyarakat yang berpartisipasi politik misalnya melalui pemberian suara dalam pemilu harus didorong oleh keyakinan bahwa melalui pemilu kepentingan mereka dapat disalurkan atau sekurang-kurangnya diperhatikan dan sedikit banyak dapat mempengaruhi tindakan pemerintah dalam membuat keputusan yang mengikat.

Namun, pentingnya pemilu belum seutuhnya disadari oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat pedesaan seperti di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis. Hal ini terlihat dari indikator : 1) masih banyak warga masyarakat yang tidak hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemungutan suara; 2) masyarakat cenderung lebih memilih bekerja untuk menafkahi keluarga dari pada mengikuti/menghadiri kegiatan kampanye; 3) warga masyarakat terlihat masa bodoh dan tidak peduli terhadap penyelenggaraan pemilu.

Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap tujuan dan fungsi pemilu, diduga sebagai penyebab rendahnya partisipasi politik masyarakat dalam pemilu legislatif Tahun 2009 di Kecamatan Langkaplancar. Sehingga penulis beranggapan hal tersebut layak untuk diteliti dan dikaji lebih mendalam guna peningkatan kualitas demokrasi di masa yang akan datang, karena pemilu yang dilaksanakan dengan baik dan berkualitas akan mampu melahirkan para pemimpin negara yang baik dan berkualitas yang akan mampu membawa bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik. Atas dasar itulah penulis menentukan penelitian ini dengan judul : “Pengaruh Sosialisasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum Anggota Legislatif Tahun 2009 di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Ciamis.


Password: 2223eL5k

No comments:

Post a Comment