Sunday, September 1, 2013

Download Skripsi Sosial Terlengkap (Pengaruh Psy-cap)

Download Skripsi Sosial Terlengkap (Pengaruh Psy-cap) 

Konsep Psy-Cap (Psychological Capital = Psy-Cap) telah dieksplorasi oleh Luthan dan kawan-kawannya (Luthans et al., 2004; Luthans and Youssef, 2004). Psy-Cap didefinisikan oleh Luthan dan kawan-kawan sebagai hal positif perorangan yang ditandai oleh: (1) percaya diri (self-efficacy/confidence)untuk menyelesaikan pekerjaan,(2) memiliki pengharapan positif (optimism) tentang keberhasilan saat ini dan di masa yang akan datang; ( 3) tekun dalam berharap (hope) untuk berhasil; dan ( 4) tabah dalam menghadapi berbagai permasalahan (resiliency) hingga mencapai sukses (Luthans, Youssef dan Avolio, 2007).

Banyak penelitian untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja para pekerja. Spencer (Spencer and Spencer, 1993) menjelaskan bahwa kinerja seseorang dipengaruhi oleh kompetensi kerjanya, yang dapat diklasifikasikan atas kompetensi teknikal (hard competence atau hard skills) dan kompetensi perilaku (soft competence atau soft skills). Lebih jauh, Spencer menjelaskan bahwa kompetensi seseorang terbentuk dari lima unsur, yaitu motif (motives), watak (traits), konsep diri (self concept), pengetahuan (knowledge), serta keterampilan (hard skills). Kelima unsur kompetensi individu tersebut di atas, membentuk kompetensi kerja seseorang, yang akan menentukan kinerjanya saat bekerja.

Psy-Cap, sebagaimana diuraikan di atas, memiliki karakteristik seperti motif dan konsep diri, dan bahkan dapat digunakan untuk menjelaskan gambaran dari watak seseorang. Pemahaman akan perilaku hubungan pengaruh dari Psy-Cap terhadap kinerja seseorang, dapat memberikan pengetahuan lain atau pengayaan wawasan, baik bagi para peneliti maupun praktisi manajemen.

Pemimpin adalah orang yang memiliki pengikut. Manusia dengan kecerdasannya, dibekali kemampuan untuk menjadi pemimpin, baik menjadi pemimpin dirinya, maupun menjadi pemimpin orang lain. Kualitas pemimpin, ditentukan oleh kualitas kepemimpinannya, yaitu kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan para pengikutnya.

Kepemimpinan pelayanan(servant leadership), merupakan fenomena kepemimpinan yang sedang banyak dipelajari. Para peneliti menyimpulkan bahwa servant leadership merupakan konsep/teori yang valid dalam kepemimpinan organisasi dalam hubungannya dengan berbagai konsep seperti kepuasan kerja, kesehatan organisasi dll, baik organisasi bisnis, pendidikan, maupun yayasan. Hubungan pengaruh antara Psy-Cap, kinerja dan kepemimpinan pelayanan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini masih belum diketahui. Hubungan tersebut perlu diketahui sehingga dapat memberikan manfaat bagi dunia akademis dan dunia praktis.

Walaupun secara generik manusia di dunia ini pada dasarnya memiliki potensi yang sama, namun dalam kenyataannya dapat diperhatikan dan diduga bahwa kinerja (produktivitas kerja) para karyawan di Indonesia berbeda dengan para karyawan di negara lain. Perbedaan produktivitas kerja ini menunjukkan bahwa ada faktor lokal yang bersifat kontekstual, yang membedakan antara kondisi kerja di Indonesia dengan negara-negara lain, sehingga kinerjanya berbeda. Psy-Cap dan kepemimpinan pelayanan, akan diuji untuk mengetahui hubungan pengaruhnya terhadap kinerja para karyawan, baik di perusahan jasa maupun manufaktur Indonesia.


Password: Qk8ulC7k

No comments:

Post a Comment