Sunday, September 1, 2013

Download Skripsi Sosial Terbaru (Konsepsi Masyarakat Bersih)

Download Skripsi Sosial Terbaru (Konsepsi Masyarakat Bersih)

Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama, khususnya penguasa dan masyarakat yang ada di sekitar lingkungannya. Mereka memiliki peran yang penting dalam menjaga lingkungan serta menciptakan budaya lingkungan yang bersih dan sehat. Satu fenomena yang menarik bahwa tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat Kelurahan Durian terhadap kebersihan lingkungan masih kurang. Meskipun mungkin Pemerintah (Lembaga Kelurahan maupun RT dan RW) sudah berupaya memberikan pembinaan, pembimbingan, serta pengarahan tentang kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Rendahnya tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat Kelurahan Durian terhadap kondisi lingkungan dapat dilihat dari cara hidup masyarakat yang sebagian besar belum mencerminkan budaya hidup bersih dan sehat. Hal ini dapat dicermati masih banyak sampah yang berserakan dan menumpuk di lingkungan tempat tinggal di sekitar mereka, sisa-sisa plastik dan makanan, tempat seperti sumur (tempat MCK) yang jarang dibersihkan. Satu hal lain yang dapat diamati yaitu kebanyakan masyarakat Kelurahan Durian cenderung menganggap enteng mengenai masalah kondisi kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka dan terhadap pola perilaku terhadap kesehatan.

Berdasarkan fenomena-fenomena yang dikemukaan di atas, maka masyarakat Kelurahan Durian menjadi tempat pilihan penulisan skripsi ini. Mungkin masalah tersebut di atas merupakan hal yang biasa dan tidak cukup menarik untuk dipermasalahkan. Akan tetapi kalau dibiarkan begitu saja, justru dapat menimbulkan pengaruh yang kurang baik, terutama terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan. Pada prinsipnya, peningkatan kesehatan masyarakat memerlukan adanya keikutsertaan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama penanaman budaya hidup bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga.

Dari uraian di atas inilah ketertarikan untuk mendeskripsikan mengenai masalah kedisiplinan masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungannya. Untuk itu mengambil judul skripsi tentang “Konsepsi Masyarakat tentang Bersih (Studi Etnografi di Bantaran Rel Kereta Api dari Jalan Bambu II sampai Jalan Karantina).


Password: uW95Hg29


No comments:

Post a Comment