Sunday, September 1, 2013

Download Skripsi Sosial Gratis (Pemulung Memanfaatkan Puskesmas)

Download Skripsi Sosial Gratis (Pemulung Memanfaatkan Puskesmas) 

Pemulung merupakan salah satu anggota masyarakat yang memiliki status sosial ekonomi rendah yang menyebabkan pemulung memiliki kendala-kendala dalam meningkatkan kesejahteraan diri termasuk dalam kesehatan. Lebih lanjut, lingkungan kerja yang tidak bersih dan perilaku tidak sehat semakin mendorong pemulung rentan terhadap penyakit dan hal tersebut menyebabkan pemulung membutuhkan perilaku sakit yang tepat, khususnya dalam mengoptimalkan fungsi puskesmas bagi dirinya. Namun dalam kenyataannya, banyak pemulung yang belum memanfaatkan puskesmas sebagai mesetinya. Terdapat berbagai faktor psikissosioekonomi budaya yang diduga mempengaruhi belum optimalnya pemulung dalam memanfaatkan puskesmas.

Pembuangan Akhir (TPA) merupakan tempat pembuangan sampah, tempatnya kotor, terdapat mikroorganisme yang patologis, dan banyak gas beracun. Individu yang berada dalam lingkungan tersebut rentan terhadap berbagai penyakit. Hal tersebut diperkuat jika individu bekerja dengan peralatan sederhana dan tidak menggunakan alat pelindung.

Hasil pengamatan sementara dan wawancara sambil lalu terhadap beberapa pemulung di TPA Winong menunjukkan bahwa peralatan yang mereka gunakan dalam bekerja adalah keranjang dan pengait sampah, ada yang tidak memakai sandal atau sepatu, sebagian besar tidak memakai masker hidung, dan kontak langsung dengan sampah.

Puskesmas adalah unit organisasi pelayanan kesehatan yang mempunyai misi sebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan, yang melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat yang tinggal di suatu wilayah kerja tertentu (Muninjaya, 1987 : 80-81). Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang secara administratif berdomisili di wilayah kerjanya. Bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas bersifat menyeluruh (comprehensive health care service) yaitu pelayanan kesehatan yang meliputi aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Meskipun puskesmas dikembangkan dalam rangka pengembangan dan pembinaan kesehatan masyarakat, namun dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum dapat menikmati layanan puskesmas (Tjiong, 1991 : 121). Masyarakat yang tinggal di daerah, terutama daerah pedalaman belum dapat menikmati layanan puskesmas karena sarana dan prasarana puskesmas yang terbatas, seperti lokasi jauh, jumlah tenaga kesehatan terbatas, obat dan fasilitas memiliki kualitas dan kuantitas yang terbatas.

Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sakit seseorang sangat banyak, seperti persepsi, konsep diri, sikap, kepribadian, faktor demografi, dan sebagainya. Mengingat pemulung merupakan komunitas yang khas, pastinya memiliki karakteristik tertentu yang mempengaruhi perilaku sakitnya. Beranjak dari itu peneliti tertarik untuk meneliti “PEMULUNG DI TPA WINONG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM MEMANFAATKAN PUSKESMAS.”


Password: Q9PuC9zY

 



No comments:

Post a Comment